Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

7 Cara Kenali Penyebab Rambut Rusak Dan Kering

infoorakarik.com - Berbagai masalah rambut seperti rambut kering dan rapuh, menipis, rontok, serta ketombe bisa dihilangkan. Yang terpenting cara penanganannya dilakukan dengan benar. Caranya, Kenali penyebab dan sumber masalah rambut rusak.Tahukah Anda kalau sebenarnya seringkali rambut jadi rusak itu justru diakibatkan oleh kebiasaan buruk Anda sendiri? Secara tidak sadar, Anda pun terekspos terhadap kebiasaan buruk tersebut setiap harinya, seperti :
1. Kurang Asupan Makanan Bernutrisi

Terkadang Anda tak sadar bahwa makanan yang Anda konsumsi setiap hari bisa memberikan efek yang tidak baik untuk kecantikan termasuk rambut. Dengan nutrisi yang kurang, asupan nutrisi rambut pun jadi berkurang. Cara mengatasinya, makanlah makanan yang sehat terutama dengan asupan vitamin C, A, B yang cukup. Wortel bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah rambut. Dan, hindari kebiasaan makan makanan pedas yang merangsang menjadi sumber masalahnya.
2. Kurang Minum Air Putih Dan Olahraga

Dengan minum air putih yang cukup dan berolahraga teratur bisa membuat tubuh sehat, begitu pun rambut. Anda sering tak sadar dengan kesibukan yang tinggi sehari-hari , asupan air putih ke tubuh pun jadi berkurang, begitu pun juga waktu untuk berolahraga. Jadi mulai sekarang, cobalah jalani gaya hidup sehat agar kesehatan dan kecantikan rambut pun bisa terjaga dengan baik.
3. Suhu Panas

Suhu panas yang ditimbulkan oleh hairdryer dan alat catok, pengeriting rambut dan pelurus rambut bisa merusak kutikula rambut dan mengurangi kandungan air pada rambut sehingga hilang kelembabannya. Gunakan kondisioner secukupnya untuk melindungi rambut dan menjaga kelembabannya.
4. Chemical Service di Salon

Chemical service di salon sama seperti pewarnaan, pelurusan dan pengeritingan rambut. Bukan karena melakukan chemical service yang membuat rambut menjadi kering, tapi perawatan yang tidak benar setelah proses chemical service itu yang membuat rambut menjadi kering dan rusak. Setelah chemical service rambut harus dirawat dengan baik dan benar.
5. Cuaca dan Efek ruangan ber-AC

Jika rambut Anda sehat alami terutama yang bewarna hitam, sesekali terkena paparan sinar ultraviolet di siang hari tidak akan memberi dampak buruk pada penampilan rambut. Namun, jika sering beraktivitas diluar ruangan akan menyebabkan penurunan kualitas rambut. Paparan sinar matahari yang cukup intens dapat membuat rambut kering.
Bagi Anda yang setiap hari bekerja di ruangan ber-AC pun juga memiliki kecenderungan mendapat rambut kering. Karena itu, perlu perawatan tersendiri agar rambut Anda tetap lembut dan tidak kering.
6. Menguncir Rambut

Untuk menghindari kerusakan, jangan terlalu sering menguncir rambut, apalagi mengikatnya terlalu kencang. Selain itu, hindari menguncir rambut saat rambut dalam kondisi basah atau lembab agar terhindar dari kondisi rambut patah.
7. Menyisir Rambut

Sadarkah Anda bahwa kegiatan sederhana seperti menyisir rambut ternyata bisa merusak rambut? Hal ini terjadi bila Anda terlalu sering menyisir rambut, karena akan menyebabkan pergesekan pada tiap helai kutikula di rambut Anda sehingga rambut mudah patah. Namun, jarang menyisir rambut juga tak disarankan karena rambut jadi mudah kusut. Jadi, secukupnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar