Halaman

Senin, 15 Oktober 2012

Cara Mudah Mengatasi Rambut Rusak

rambut rusakRambut rusak tentu saja sangat mengganggu penampilan. Rambut kering, kaku, kemerahan, ujung bercabang, patah, atau rontok tentu saja dapat membuat pemiliknya kehilangan rasa percaya diri. Tidak dapat dipungkiri bahwa rambut merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan menarik tidaknya penampilan seseorang.
Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami rambut rusak, antara lain paparan sinar matahari, paparan bahan-bahan kimia, pencemaran udara, penyakit, dan faktor genetik. Jika Anda termasuk orang yang mengalami kerusakan rambut, Anda harus waspada. Membiarkan rambut rusak tanpa penanganan yang tepat, hanya akan membuat kondisi kerusakan rambut menjadi makin parah.
Untuk mengatasi rambut rusak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dipaparkan oleh Totalbeauty.com berikut ini.
1. Membersihkan rambut dan kulit kepala dari produk penataan
Menata rambut sekarang ini telah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama kaum Hawa. Para wanita menata rambut mereka dengan aneka gaya agar dapat tampil lebih maksimal, demikian juga dengan pria. Jika Anda termasuk orang yang gemar menata rambut, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa produk penataan rambut setelah Anda menggunakannya. Jika tidak dibersihkan sampai benar-benar bersih, sisa-sisa produk penataan rambut, seperti hair spray atau foam, dapat membuat rambut Anda tampak kusam dan tidak bercahaya.
Membersihkan sisa-sisa produk penataan tidak hanya dapat dilakukan menggunakan sampo. Seorang penata rambut bernama Adam Markarian, menyarankan penggunaan cuka apel. Caranya adalah sebagai berikut. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 5 sendok makan air. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 5 menit.  Lalu, bilas dengan air dingin. Lanjutkan dengan melakukan deep conditioning. Rambut pun akan berkilau kembali.
2. Menggunakan masker rambut
Pekerjaan Anda barangkali mengharuskan Anda untuk sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Atau, Anda sangat menyukai berlibur di pantai. Jika demikian, Anda perlu berhati-hati karena sinar matahari dapat membuat rambut Anda menjadi kering. Agar rambut tidak makin kering, sebaiknya Anda menggunakan masker rambut. Anda dapat membeli produk masker rambut jadi dalam kemasan, atau membuatnya sendiri menggunakan bahan avokad yang dicampur dengan minyak zaitun.
3. Trim
Trim adalah memangkas ujung rambut, sekitar 2-3 sentimeter. Pemangkasan ujung rambut ini sebaiknya dilakukan sekali setiap satu sampai dua bulan secara teratur. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi rambut yang mengalami kerusakan di bagian ujung.
4. Lidah buaya untuk melembapkan rambut
Lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk mengatasi rambut rusak, salah satunya adalah mengembalikan kelembapan rambut. Lidah buaya mengandung berbagai vitamin dan mineral. Inilah yang membuat lidah buaya mampu melembapkan rambut yang kering.
Rambut rusak memang merisaukan. Namun, dengan penanganan yang tepat, rambut rusak dapat diatasi dan tidak akan menjadi gangguan yang bersifat menetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar